Thursday 18 September 2014

5 Makanan Yang Membuat Anda Tampak Tua

Metrotvnews.com: Kamu adalah apa yang kamu makan. Demikian slogan yang sering kita dengar. Penelitian menunjukkan bahwa sejumlah makanan dapat menyebabkan peradangan luas dan kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyerang kulit Anda seperti akibat sengatan sinar matahari atau merokok.

"Tidak ada makanan yang akan membuatmu tua dalam sehari, tetapi seumur hidup terlibat dalam pilihan makanan yang salah pasti bisa membuat Anda terlihat tua dan keriput lebih cepat," kata ahli gizi, Jaime Mass.

Alasan lain adalah jika makan makanan yang tidak sehat, Anda mungkin tidak cukup mampu melawan kerusakan sel. Demikian ahli dermatologi Northwestern Medicine, Samantha B Conrad, mengatakan. Berikut lima makanan yang dapat membuat wajah lebih tua dari yang sebenarnya:

1. Gula
Kejahatan apa dari sesuatu yang manis? Di dalam tubuh, kelebihan gula dapat mengalami proses yang disebut glikasi. Kondisi itu terjadi ketika protein atau lemak bertabrakan untuk membentuk protein yang rusak yang disebut Advanced Glycation End Products (AGEs), ke seluruh tubuh termasuk kulit. Tidak hanya protein ini yang berfungsi buruk, tetapi menjadi kurang elastis dibandingkan aslinya. Plus, glikasi menghasilkan protein inflamasi dalam tubuh yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit.

2. Burger panggang (charbroiled)
"Makanan yang dipanaskan pada suhu tinggi juga telah melalui proses glikasi," kata Jaime Mass. Terlebih lagi, kontak langsung dengan suhu di atas 300 derajat dapat memicu produksi pro-inflammatory heterocyclic amines (HCAs) dan polycyclic aromatic hydrocarbons (PAHs). Cari tahu bagaimana daging bakar dapat merusak kesehatan Anda.

3. Makanan yang digoreng
Tidak hanya dapat menjadikan dagu berlemak tapi juga dapat menyebabkan peradangan dengan sendirinya. Makanan yang digoreng menyebabkan jalur inflamasi dalam tubuh, kerusakan kolagen, dan struktur utama kulit Anda termasuk keriput, kata Jaime Mass.

4. Alkohol
Minum minuman beralkohol mempengaruhi fungsi detoksifikasi tubuh nomor satu yakni hati. "Ketika hati rusak atau kemampuannya melambat dalam menyiram racun dari sistem tubuh, Anda dapat melihat efeknya pada kulit," ujar Jaime Mass.

5. Makanan kemasan
Samantha mencatat di negara-negara yang sedikit mengonsumsi makanan olahan, orang-orangnya memiliki kulit sangat sehat daripada negara-negara yang makan dari kotak dan botol. Nitrat dapat memacu peradangan, garam dapat mengeringkan kulit dan merusak pembuluh darah kapiler. Hasilnya, bintik-bintik penuaan dan jerawat hingga rosacea.

metrotvnews.com

0 komentar:

Post a Comment